SKK

Mengapa Harus Urus SKA SKK SKT Online?

Dalam dunia konstruksi, pasti tidak lepas dari berbagai kerumitan proses yang tentunya membingungkan apalagi jika sudah berurusan dengan SKK SKA dan SKT. Waduh, apa harus pakai Jasa Urus SKK? Atau bisa sendiri? Berbagai dokumen harus tersedia sesuai dengan ketentuan persyaratannya. Lalu, pertanyaan yang sering muncul akhir-akhir ini, mengapa harus urus SKA SKK SKT online?

Di era modern ini, mengurus berkas untuk kelancaran jalannya perusahaan ternyata bisa melalui sistem online di website khusus. Suatu industri konstruksi yang memiliki sertifikat SKA dan SKT bisa mengikuti tender pada suatu proyek konstruksi. Hal tersebut bisa menjadi peluang berharga untuk anda meraup banyak keuntungan. 

Cara pembuatan sertifikat SKA, SKK/SKT bisa dibilang cukup mudah dan harus lengkap sesuai dengan ketentuan persyaratannya. Nah, agar lebih memahami berbagai informasi lebih detailnya, bisa menyimak ulasan artikel berikut ini. 

Pentingnya Mengurus SKA, SKK, dan SKT Online

SKK

SKA merupakan kepanjangan dari sertifikat keahlian yang menjadi penanda bahwa seorang karyawan konstruksi telah memenuhi syarat sertifikasi. Sedangkan SKK kepanjangan dari sertifikat kompetensi kerja yang penting untuk kamu miliki. Demikian juga SKT yang merupakan kepanjangan dari sertifikat keterampilan di mana saat ini telah berganti menjadi SKK. 

Urgensi dokumen sertifikat SKA dan SKK/SKT bagi masing-masing indsutri konstruktif memang berbeda. Namun, merujuk pada aturan dari LPJK tahun 2021 atau berdasarkan pada SE Menteri PUPR Nomor 02/SE/M/2021. Yakni sertifikat badan usaha dan sertifikat kompetensi kerja tenaga kerja atau SKK/SKTK. Keduanya diterbitkan oleh LPJK 2016-2024 dan tetap berlaku sampai habis masanya.

SKA atau SKK tidak memiliki syarat untuk melakukan registrasi tahunan. Hal itu berbeda dari SBU dengan seperangkat ketentuan khusus dalam pelaksanaan registrasi melalui SIKI. Perbedaan dari SKA, SKK dan SKT yang perlu  diketahui terbagi dalam tiga kategori, di antaranya adalah dasar, tengah, dan muda. Sementara SKK/SKT terbagi dalam tiga kategori, yaitu kelas utama, menengah, dan tingkat 3. 

Syarat Membuat SKK/SKT dan SKA Online

Ada beberapa alasan yang perlu diketahui mengapa harus urus SKA SKK SKT online? Proses pembuatan secara manual dalam mengurus dokumen sertifikat SKA dan SKT bisa dibilang tidak mudah. Jadi, butuh perhatian intens karena memang cukup urgen. Terdapat beberapa syarat yang cukup urgen dan harus ada. Berikut beberapa syarat mengurus SKA dan SKT/SKK.

  1. File KTP
  2. Curriculum Vitae (CV)
  3. NPWP, tetapi untuk SKT file tersebut tidak perlu
  4. Pas photo
  5. Nomor kontak yang aktif
  6. Dokumen ijazah terakhir
  7. Melampirkan surat permohonan resmi
  8. Pengalaman kerja di berbagai bidang proyek yang pernah dilakukan
  9. Dokumen telah terformat PDF atau JPG.

Beberapa informasi syarat di atas harus sesuai dengan prasyarat dan harus lengkap agar memudahkan proses pengurusan. Masa berlaku SKA sekitar tiga tahunan. Sedangkan SKK/SKT berlaku hingga lima tahunan setelah dokumen tersebut terbit. 

Alasan Urgensi Mengurus Sertifikat SKA, SKK/ SKT Online

SKK

Jadi, setelah mendapatkan dokumen sertifikat yang berlaku, langkah selanjutnya perlu mengecek kevalidannya di situs web. Hal itu untuk membuktikan apakah telah terdaftar secara resmi atau tidak. Ada beberapa alasan mengapa perlu mengurus SKK dan SKA/SKT secara online.

Mengecek Tingkat Kevalidan Sertifikat

Salah satu alasan mengapa perlu mengurus berkas secara online. Kamu perlu mengecek sendiri apakah sertifikat kamu benar-benar telah terdaftar atau belum. Untuk mengetahui informasi dan mendeteksi kemungkinan yang akan terjadi, sebaiknya lakukan pengecekan di situs website yang sesuai.  

Prosedurnya Tidak Ribet

Prosedur untuk mengecek mengecek sertifikat SKK dan SKA secara online ternyata tidak ribet. Langkah awalnya hanya perlu meng-klik website resmi LPJK dan kemudian mengisi kolom yang tersedia.Demikian ulasan ringkas dan informatif tentang mengapa harus urus SKA SKK SKT online? Urgensi proses pengecekan tersebut bisa dengan mudah mengetahui apakah telah terdaftar langsung atau sebaliknya. Dari pada penasaran, memang sebaiknya mengecek sendiri sesuai prosedur yang ditentukan dalam pengurusan SKA dan SKT/SKK secara online.

Open chat
Scan the code
Halo, perkenalkan saya Santi, dengan siapa saya berbincang?