Biaya Pengurusan SIUJK

Butuh Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi untuk perusahaan? Dengan memiliki surat ini, perusahaan Anda bisa berpeluang mendapatkan banyak tender proyek loh! Soal harga pasti terjangkau! Cari tahu lebih lengkap terkait informasi biaya pengurusan SIUJK di bawah ini.

Daftar Biaya SIUJK

Berikut daftar biaya pengurusan SIUJK yang sedang berlaku:

Jenis PerusahaanHarga Pembuatan SIUJK
Jasa Konstruksi 1 BidangRp 19.000.000
Jasa Konstruksi 2 BidangRp 22.000.000
Jasa Konstruksi 3 BidangRp 25.000.000
Jasa Konstruksi 1 Bidang 2 SKARp 35.000.000
Jasa Konstruksi 2 Bidang 3 SKARp 40.000.000
Jasa Konstruksi 3 Bidang 4 SKARp 45.000.000

Daftar biaya urus SIUJK bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Untuk mendapatkan informasi harga dan promo yang sedang berlaku, Anda bisa menghubungi kontak WhatsApp kami yang tertera di bawah ini.

Syarat Dokumen Pengurusan SIUJK

Tidak hanya mempersiapkan dana untuk biaya urus SIUJK, Anda juga harus memperhatikan beberapa persyaratan dokumen yang harus dilengkapi saat mendaftar. Apa saja itu?

Dokumen Legalitas Perusahaan

  • Akta perusahaan
  • Surat domisili perusahaan
  • NPWP/PKP
  • SK Perusahaan
  • SIUP
  • TDP

Identitas Pribadi

  • Fotokopi KTP direksi perusahaan
  • Fotokopi KTP komisaris perusahaan
  • Fotokopi KTP tenaga ahli perusahaan
  • NPWP pribadi direksi perusahaan
  • NPWP pribadi komisaris perusahaan
  • NPWP pribadi tenaga ahli perusahaan
  • Pas foto berwarna direktur perusahaan, ukuran 3×4 sebanyak 6 lembar
  • Pas foto berwarna tenaga ahli perusahaan, ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar

Dokumen Bangunan Perusahaan

  • Lampiran denah lokasi perusahaan
  • Fotokopi surat keterangan gedung atau surat sewa kontrak kantor.
  • Fotokopi surat IMB perusahaan
  • Foto bangunan perusahaan meliputi gambar tampak depan, ruang kerja, ruang direksi dan plang nama perusahaan.

Macam-Macam Jenis Pengurusan SIUJK

SIUJK merupakan salah satu jenis surat izin usaha yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan yang bergerak dalam bidang konstruksi. Dengan adanya surat ini, maka sebuah perusahaan dianggap memiliki kompeten dalam pekerjaan proyek konstruksi.

Biaya pengurusan SIUJK dikeluarkan oleh pihak Pemerintah Daerah setelah permohonan dari pihak perusahaan jasa konstruksi. Jika perusahaan sudah memiliki surat izin ini, maka bisa melakukan kegiatan usahanya meliputi perencanaan (konsultan) dan pelaksana (kontraktor) konstruksi.

Jenis pengurusan SIUJK ini terdiri dari beberapa macam yang perlu Anda ketahui perbedaannya. Setidaknya terdapat 3 jenis pengurusan SIUJK dengan kategori ketentuannya yang berbeda.

SIUJK Nasional

Surat izin usaha yang bisa digunakan untuk jasa di bidang konstruksi nasional dimana sertifikasi ini hanya dikeluarkan dari pemerintah kota atau pemerintah kabupaten sesuai dengan domisili perusahaan.

SIUJK BUJKA

Surat izin usaha yang digunakan untuk jasa di bidang konstruksi dalam negeri dimana sertifikasi ini dikeluarkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

SIUJK PMA

Surat izin usaha ini digunakan oleh BUJK PMA atau perusahaan jasa konstruksi asing yang diterbitkan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) agar dapat beroperasi di Indonesia

Tahap Pengurusan SIUJK

Proses pengurusan SIUJK membutuhkan beberapa tahapan yang harus dipenuhi oleh pemilik perusahaan konstruksi. Adapun tahapan yang paling utama adalah sebagai berikut:

Pengurusan Sertifikasi Tenaga Ahli (SKA)

Tahap pengurusan sertifikasi ini meliputi kegiatan pelatihan dan interview yang dilakukan oleh para tenaga ahli di perusahaan. Umumnya bisa menghabiskan waktu sampai 1 bulan. Jika sudah dinyatakan lulus, maka asosiasi dapat mendaftarkan tenaga ahli di Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) agar SKA disahkan.

Syarat pembuatan SKA terdiri dari:

  • Tenaga ahli merupakan lulusan S1 Teknik dan Pertanian dengan melampirkan bukti fotokopi ijazah S1
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi NPWP
  • Pas foto ukuran 3×4 sebanyak 4 lembar
  • Mengisi formulir keanggotaan.

Sertifikasi Badan Usaha (SBU)

Setelah memiliki SKA dari para tenaga ahli, selanjutnya Anda bisa mengajukan permohonan sertifikasi Badan Usaha (SBU). Pada tahap ini, pastikan Anda sudah terdaftar untuk menjadi salah satu anggota asosiasi di LPJK sebelum melakukan biaya pengurusan SIUJK.

Proses pengurusan sertifikasi ini biasanya memakan waktu hingga 1 bulan. SBU ini bisa digunakan sebagai salah satu bukti pengakuan kualifikasi atas kemampuan dari perusahaan konstruksi serta sebagai penyetaraan kemampuan dengan jasa konstruksi pihak asing. Syarat pembuatan SBU ini terdiri dari:

  • Struktur perusahaan
  • KTP pengurus perusahaan
  • KK pengurus perusahaan
  • Surat domisili perusahaan
  • SK Perusahaan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia
  • Kartu Anggota Asosiasi (KTA)
  • NPWP
  • NIB
  • PKP
  • SKA
  • Pas foto ukuran 4×6 sebanyak 4 lembar
  • Laporan keuangan perusahaan
  • SIUP
  • Akta pendirian usaha

Sertifikasi SIUJK

Tahap selanjutnya adalah pembuatan sertifikasi SIUJK yang dilakukan jika sudah memiliki SKA dan SBU pada perusahaan. Permohonan surat izin ini tentunya bisa diajukan oleh berbagai perusahaan konstruksi dari segala bidang. Umumnya meliputi bidang konstruksi bangunan, sipil, mekanik, tata lingkungan, dan elektrik.

Kelengkapan persyaratan yang sudah dijelaskan sebelumnya tentu harus dipenuhi agar penerbitan sertifikasi dapat diproses dengan cepat. Dan pastinya semua biaya pengurusan surat izin ini harus dipenuhi agar tidak menghambat proses pengajuan SIUJK. Jika surat izin sudah diterbitkan, Anda berpeluang untuk mengikuti tender proyek konstruksi yang bisa menguntungkan bagi perusahaan.

Perpanjangan SIUJK

Perlu diketahui, bahwa SIUJK memiliki batas masa berlaku waktu selama 3 tahun sejak diterbitkan. Sehingga, jika perusahaan masih melakukan usaha jasa konstruksi terkait, maka wajib melakukan perpanjangan.

Adapun biaya perpanjangan SIUJK tidak jauh berbeda dengan biaya pengurusan SIUJK. Informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi tim inconsulting.id untuk mendapatkan daftar harga dan promo yang sedang berlaku.

Hubungi kami sekarang

Percayakan kebutuhan sertifikasi Anda kepada Inconsulting.id, mitra terpercaya untuk memastikan keberhasilan dan kepatuhan bisnis Anda.

F.A.Q

Berikut beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan.

Open chat
Scan the code
Halo, perkenalkan saya Santi, dengan siapa saya berbincang?