ISO 37001

Apa Itu ISO 37001

Penerapan ISO hingga saat ini terus menjadi tuntutan untuk perusahaan agar bisa menerapkan sistem manajemen sesuai standar internasional. Salah satu sistem yang wajib dimiliki adalah penerapan ISO 37001. Lantas jika kita perlu ISO 37001 apakah harus menghubungi Jasa Sertifikasi ISO? atau bisa diurus sendiri? Bagaimana jika perlunya ISO 14001? Apakah sama juga harus menggunakan suatu jasa?

Jenis ISO yang dirilis sejak 2016 ini banyak diterapkan di berbagai perusahaan multinasional termasuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Tentu hal ini sekiranya perlu Anda pahami apa itu ISO 37001 dalam manajemen perusahaan. Untuk memahami lebih jauh terkait ISO 37001 ini, berikut pemaparan selengkapnya yang perlu Anda ketahui!

Apa Itu ISO 37001?

ISO 37001 adalah standar yang mengatur tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP). ISO ini merupakan standar internasional yang dirancang untuk membantu suatu perusahaan atau organisasi bisa membangun, meninjau, menjalankan, memelihara, serta meningkatkan SMAP.

Standar ini memiliki banyak manfaat terutama terhadap peningkatan kinerja perusahaan. Yang mana, praktik ini dijalankan sebagai pengendalian anti penyuapan untuk meningkatkan deteksi penyuapan sehingga dapat mengurangi kasus gratifikasi pada perusahaan.

Manfaat Penerapan ISO 37001

Apa Itu ISO 37001

Penerapan SMAP ini tentunya dapat meningkatkan reputasi perusahaan terutama terhadap komitmen anti penyuapan. Dimana penerapan ini dilakukan agar kasus terkait penyuapan dapat dicegah sedini mungkin.

Dengan melakukan pendekatan yang tepat, praktik ini juga dapat menciptakan kerangka pemikiran organisasi yang terus berkembang. Tidak hanya itu saja, perusahaan yang dijalankan pun akan memiliki nilai kredibilitas yang sangat tinggi.

Bagaimana Cara Menerapkan ISO 37001?

Untuk mendapatkan sertifikasi ISO 37001, ada beberapa cara yang harus dilakukan dalam penerapan SMAP di perusahaan. Apa saja itu? Berikut langkah-langkahnya!

Komitmen

Manajemen dalam perusahaan tentunya harus memiliki komitmen yang kuat untuk menerapkan sistem manajemen ini. Sebab, bentuk komitmen yang besar merupakan elemen paling penting dari sistem ini.

Membentuk Tim Kepatuhan

Selanjutnya, perusahaan harus membentuk tim anti penyuapan yang berfungsi untuk kepatuhan dalam penerapan ISO 37001. Adapun anggota tim ini bisa terdiri dari beberapa orang yang bertugas sebagai koordinator untuk melakukan perencanaan, pelaksanaan, serta pengawasan SMAP. 

Identifikasi Keadaan

Langkah selanjutnya untuk menerapkan ISO 37001 adalah dengan memeriksa atau mengidentifikasi kondisi yang terjadi saat ini. Dalam proses inilah, Anda perlu mempersiapkan dokumen dan mempelajarinya lebih lanjut untuk menemukan gambaran yang jelas terkait data yang ditulis dalam dokumen.

Tentukan Kebijakan Perusahaan

Cara selanjutnya adalah dengan menentukan ruang lingkup dan sistem SMAP yang menjadi kebijakan perusahaan. Ruang lingkup ini sangat penting untuk digambarkan agar lebih paham sejauh mana penerapan ISO 37001 digunakan dalam perusahaan.

Apa Itu ISO 37001

Lakukan Penilaian

Pada tahap ini adalah langkah penilaian terhadap resiko penyuapan yang merupakan sebuah kunci agar penerapan ISO 37001 berjalan efektif. Dari penilaian ini, Anda bisa mengidentifikasi resiko untuk mengambil kebijakan serta prosedur untuk mengatasi resiko. Dengan memahami resiko tersebut, kebijakan dan prosedur pencegahan penyuapan yang dilakukan perusahaan pun dapat berjalan efektif.

Buat Perencanaan Target SMAP

Untuk mendapatkan sertifikasi ISO 37001, setiap perusahaan harus melakukan perencanaan dan sasaran target dari SMAP. Target yang dibuat tentunya harus spesifik dengan menuangkannya ke dalam dokumentasi. Dengan membuat perencanaan secara rinci, maka perusahaan dapat mengetahui bagaimana strategi yang tepat untuk mencapai target tersebut.

Lakukan Program Pelatihan ISO 37001

Persiapan memperoleh sertifikasi ISO 37001 perlu dilakukan dengan cara melakukan program pelatihan bagi karyawan perusahaan. Harapannya dengan adanya pelatihan ini, perusahaan dapat mengimplementasikannya ke dalam pekerjaan sehari-hari. Itu dia pembahasan terkait apa itu ISO 37001 dan bagaimana cara menerapkan sistem manajemen ini ke dalam perusahaan. Penerapan SMAP ini juga memerlukan evaluasi kinerja secara rutin. Sehingga seluruh tim kepatuhan juga perlu melakukan internal audit serta peninjauan secara langsung.

Open chat
Scan the code
Halo, perkenalkan saya Santi, dengan siapa saya berbincang?